Cara Membuat Website

Anda pasti tahu apakah website itu karena itu Anda berada di situs ini. Sebetulnya bagaimanakah cara membuat website itu? Apakah hanya orang-orang pintar tertentu saja yang dapat membuat website? Jawabnya ialah ya dan tidak. Tidak karena dengan adanya kemajuan teknologi, sekarang Anda dapat membuat sebuah website sederhana dengan sangat mudah terutama jika Anda menggunakan WordPress. Iya karena akan cukup sulit bagi Anda untuk membuat website-website yang lebih kompleks, misalnya website dengan shopping cart untuk keperluan toko online. Ataupun website dengan sistem keanggotaan untuk forum atau sebuah organisasi misalnya. Tentunya jika Anda serius dan mempunyai minat besar dalam bidang ini, Anda bisa saja membuat sendiri semua website yang Anda perlukan. Namun ini akan sangat banyak menyita waktu Anda, kecuali jika Anda memang ingin belajar tentang ini dan mempunyai banyak waktu luang.

Untuk website-website bisnis dan profesional, kami anjurkan Anda untuk megguanakan jasa dari organisasi bisnis lain yang sudah berpengalaman dalam hal ini. Untuk itulah kami ada disini membantu Anda. Namun jika yang Anda inginkan ialah belajar membuat website pribadi Anda sendiri (misalnya buat blog), Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini. Langkah-langkah ini juga berlaku untujk pembuatan website jenis lain dan tidak hanya blog saja. Tentu saja ini adalah langkah-langkah secara singkat padat dan jelas. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai langkah-langkah ini silakan hubungi kami.

Cara membuat website adalah sebagai berikut:

1. Daftar Domain

Setelah Anda memillih nama domain yang Anda inginkan untuk website Anda, maka Anda perlu membeli domain tersebut. Sebetulnya istilah yang lebih tepat ialah “menyewa” nama domain tersebut karena nama domain hanya dakan menjadi milik Anda selama Anda masih membayar biaya sewa tahunan untuk domain tersebut.

Bagaimana cara Anda untuk mendaftarkan domain? Anda harus mendaftarkan nama domain Anda di salah satu domain registrar yang terdaftar di dunia. Ada ratusan domain registrar di dunia namun yang terbaik dan termurah adalah GoDaddy. Kami sangat merekomendasikan Anda mendaftarkan nama domain Anda ke GoDaddy karena GoDaddy adalah perusahan pendaftaran domain terbesar di dunia dan paling sering memberikan discount. Tetapi perlu kami ingatkan, kami sangat tidak merekomendasikan Anda untuk mendaftarkan hosting Anda di GoDaddy. GoDaddy adalah registrar domain terbaik di dunia berdasarkan pengalaman kami dan banyak orang lain di dunia. Namun sayangnya mereka bukan hosting provider yang baik yang direkomendasikan. Tetapi kami juga tidak kalah yakin untuk merekomendasikan pendaftaran nama domain ke mereka karena mereka ialah yang terbaik dan terbesar.

2. Daftar Hosting

Untuk mempunyai sebuah website Anda perlu untuk mendaftarkan hosting untuk website Anda. Apa yang dimaksud dengan hosting? Hosting ialah penyewaan tempat untuk file-file website Anda. Website Anda terdiri dari banyak file (artikel-artikel, gambar-gambar dsb) dan sayangnya Anda tidak bisa hanya menyimpan file-file ini di harddisk Anda. Agar dapat ditampilkan di website, file-file ini harus disimpan di server atau mesin yang terhubung ke Internet 24 jam sehari, 7 hari seminggu alias tidak pernah mati.

Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa hosting baik di skala internasional, regional maupun lokal. Kami sudah mencoba menggunakan jasa beberapa hosting provider terbesar dan terbaik di dunia. Dan kami dapat dengan sangat yakin 100% mengatakan bahwa HostGator ialah yang terbaik di dunia saat ini. Sama seperti GoDaddy adalah yang terbaik untuk daftar domain, HostGator ialah yang terbaik untuk daftar hosting. Khususnya sebelum Anda melanjutkan ke langkah tiga (buat website WordPress), Anda perlu memiliki hosting yang sudah menyediakan wordpress di server mereka sehingga Anda akan dapat dengan sangat mudah membuat website Anda. Dengan mendaftarkan diri pada HostGator, Anda akan dapat melakukan langkah ketiga dengan sangat mudah.

3. Buat Isi Website

Setelah Anda mendaftarkan domain dengan GoDaddy dan hosting dengan HostGator, kini saatnya Anda akan  membuat website WordPress Anda. Hal ini dapat dengan sangat mudah Anda lakukan melalui control panel HostGator. Ikuti petunjuk di video ini untuk install website wordpress yang basic tanpa ada tambahan apa-apa. Setelah Anda selesai melakukan ini, bukalah browser Anda dan masukkan nama domain Anda (misal http://latihansepakbola.com). Website Anda saat ini sudah live di Internet!

Tentu saja walaupun live saat ini Website Anda belum ada isinya. Semua orang yang baru saja selesai menginstall website wordpress akan memiliki tampilan yang kurang lebih sama. Untuk membuat tampilan website Anda menjadi menarik Anda perlu menginstall apa yang disebut dengan WordPress theme. Ini adalah semacam skin yang dapat mengubah tampilan website wordpress Anda menjadi jauh lebih profesional hanya dengan beberapa klik saja.

Kabar baiknya adalah, ada sangat banyak wordpress theme yang gratis yang tersedia di luar sana. Anda cukup mengikuti petunjuk ini untuk mencari theme yang sesuai dengan yang Anda inginkan (dua kolom, tiga kolom dsb). Jika Anda ingin menggunakan theme yang jauh lebih profesional lagi dan didukung dengan support (Anda boleh menanyakan segala pertanyaan Anda saat menggunakan theme tersebut), maka Anda boleh membeli premium themes.

Ada banyak vendor yang menawarkan premium themes, beberapa di antaranya yang paling populer ialah DIYThemes.com, StudioPress, ThemeForest dan WooThemes. Dari pengalaman kami selama beberapa tahun, WooThemes ialah premium themes yang paling mudah digunakan dan paling gampang menghasilkan pendapatan tambahan. Tentu saja Anda juga bisa sukses dengan menggunakan themes yang lain, ini hanya pengalaman pribadi dan klien-klien kami saja.

Ini adalah langkah yang membutuhkan paling banyak waktu dari keempat langkah yang akan kita lakukan. Setelah Anda selesai menginstall theme yang baru, Anda perlu menambahkan isi ke dalam website Anda. Yang paling umum adalah berupa artikel, selain itu juga bisa berupa gambar, audio dan video. Saran kami adalah menambahkan minimal 5 artikel ke dalam website Anda yang masing-masing berisi minimal 300 kata. Tambahkan gambar/audio/video ke setiap artikel jika memungkinkan.

Anda bisa menambahkan artikel ke dalam website Anda dengan dua cara. Cara pertama ialah dengan menggunakan “page” atau halaman. Ini mirip dengan konsep halaman html biasa. Untuk menambahkan content ke dalam page dari website wordpress Anda, ikuti petunjuk ini. Cara kedua adalah dengan menggunakan “post”. Post mirip dengan page tetapi lebih cocok digunakan dalam blog. Perbedaannya, post bisa memiliki kategori dan tag. Selain itu, post akan ditampilkan dalam website Anda sesuai dengan waktu penulisannya. Post terbaru selalu akan ditampikan paling atas kecuali Anda dengan sengaja mengganti tanggal penulisan post tersebut. Ikuti petunjuk ini untuk menambahkan artikel ke dalam website Anda. Untuk mengetahui perbedaan page dan post secara lebih jelas, silakan baca artikel ini.

4. (Optional) Monetisasi website Anda

Apa yang dimaksud dengan monetisasi? Monetisasi adalah cara Anda menghasilkan uang dari website Anda. Ini adalah langkah optional dan tidak perlu Anda lakukan jika Anda tidak tertarik untuk menghasilkan penghasilan tambahan dari website Anda.

Bagaimana cara memonetisasi website Anda? Secara umum bisa dikelompokkan dalam tiga cara:

  1. Memasang iklan di website Anda
  2. Menjual produk orang lain di website Anda
  3. Menjual produk Anda sendiri di website Anda atau di website orang lain

Ada beberapa cara lain yang tidak terlalu umum dilakukan dan tidak akan kita bahas disini, misalnya “memarkir” website Anda atau menjualnya ke orang lain dengan harga lebih tinggi. Karena Anda hanya bisa melakukan ini jika traffic (jumlah pengunjung) website Anda sudah banyak. Kita akan fokus membangun website Anda sendiri mulai dari nol sampai menghasilkan uang bagi Anda.

Ketiga cara diatas diurutkan berdasarkan yang paling mudah (namun paling sedikit menghasilkan) hingga yang paling sulit (namun bisa menghasilkan paling banyak uang). Ini sama seperti di dunia nyata. Ibaratnya Anda mempunyai sebuah toko di mall, maka cara pertama ibaratnya seseorang datang ke toko Anda dan meminta ijin untuk menempel iklan di kaca toko Anda, mungkin secara gratis atau dengan imbalan yang kecil saja. Cara kedua ibaratnya Anda menjual produk-produk orang lain di toko Anda. Keuntungan yang Anda peroleh bisa cukup besar tergantung harga penjualan Anda dan berapa banyak produk yang Anda jual. Cara ketiga ibaratnya Anda adalah usahawan yang menciptakan suatu produk sendiri. Kemudian produk tersebut Anda jual mulanya hanya di toko Anda, namun kemudian jika laris bisa pula Anda jual ke toko-toko lain. Ini sama persis seperti cara dapat uang dari website Anda.

Semoga artikel cara membuat website ini memberikan kepada Anda lebih banyak pengertian dalam cara-cara membuat website Anda sendiri.