Jual Website Online

jual website onlineJual website online pada prinsipnya adalah sama saja dengan menjual sebuah bisnis. Tujuannya adalah untuk memperoleh sejumlah uang. Biasanya Anda hanya akan menjual website Anda jika website Anda sudah memiliki penghasilan rutin, atau minimal sudah siap pakai. Ini sama seperti halnya Anda menjual sebuah bisnis yang sudah berjalan dan memiliki pelanggan, ataupun bisnis baru yang sudah Anda siapkan namun belum banyak pelanggan. Tentu saja umumnya bisnis yang sudah berjalan akan dapat terjual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Kecuali jika bisnis baru Anda benar-benar sangat potensial.

Bagaimana cara memastikan harga jual website online Anda dapat setinggi mungkin? Ada enam langkah yang kami anjurkan di bawah ini. Oya, sebelumnya perlu kami informasikan bahwa artikel ini tidak membahas mengenai bagaimana cara membuat atau membeli website, namun khusus membahas tips sukses untuk menjual website Anda dengan harga setinggi mungkin. Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa membeli website baru ataupun website jadi untuk Anda kelola. Setelah trafik di website Anda sudah masuk secara teratur, Anda dapat mulai berpikir untuk menjualnya.

Artikel ini juga tidak membahas mengenai bagaimana cara menjual website Anda, itu akan kami bahas di artikel kami berikutnya. Karena sebelum Anda terjun ke pasar untuk menjual website Anda, lebih penting bagi Anda terlebih dahulu untuk memastikan bahwa website yang akan Anda jual ialah sesuatu yang diinginkan banyak orang. Jika website Anda sudah bagus, akan mudah bagi Anda untuk menjualnya dimana saja. Ini ibaratnya Anda ingin menjual sebuah produk, jika produknya sudah bagus maka akan mudah terjual dimana saja. Tentu saja tempat terbesar untuk menjual website di dunia masih di Flippa. Kita akan membahas mengenai teknik-teknik penjualan website di Flippa pada artikel berikutnya.

Ikuti enam langkah berikut untuk memastikan Anda akan bisa menjual website Anda dengan harga yang setinggi mungkin.

1. Pahami dengan baik nilai website Anda

Umumnya harga jual sebuah website adalah sekitar 6-10x pemasukan setiap bulannya. Untuk beberapa website yang berpotensi dan selalu banyak peminatnya kadang-kadang harga jualnya bisa mencapai 15x atau bahkan 20x pemasukan perbulan. Tapi secara umum harga jual adalah minimal 6x pemasukan perbulan. Tentu saja Anda harus memahami potensi website Anda karena semakin berpotensi akan semakin tinggi pula harga jual sebuah website.

2. Pahami calon pembeli Anda

Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan orang dalam menjual website ialah menganggap bahwa semua calon pembeli adalah sama. Anda perlu tahu bahwa setiap orang berbeda dan dengan demikian cara Anda menjual website juga berbeda tergantung siapa calon pembelinya.

Jika Anda akan menjual website Anda di Flippa, maka statisnik dan fakta angka-angka sangatlah penting. Sebaliknya jika Anda menjual kepada seseorang yang tertarik, Anda perlu tahu potensial website Anda dan nilainya bagi calon pembeli Anda untuk memberikan harga jual yang optimal.

3. Lakukan riset tentang website lain yang sukses sebelum Anda menjual

Salah satu tips sukses yang perlu Anda ketahui ialah untuk mencontoh orang lain yang sukses. Ini berlaku bukan hanya dalam penjualan website saja. Hampir dalam semua bidang kita bisa mencontoh orang lain yang sukses dan mengikuti apa yang dia lakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda akan bisa menghemat banyak waktu dan uang yang akan disia-siakan jika seandainya Anda mencoba cara sendiri dan tidak berhasil.

Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan dari penjualan sebuah website yang sukses adalah mialnya informasi apa yang mereka pasang dalam iklan penjualannya.  Selai itu strategi penjualan apa yang digunakan, misalnya lelang atau sistem penjualan langsung.

4. Optimasi website Anda untuk menambah penghasilan sebelum dijual

Ini merupakan salah satu hal yang membutuhkan teknik dan pengalaman dalam dunia penjualan website. Anda harus memastikan bahwa website Anda sudah teroptimasi untuk menambah penghasilan sebelum mulai menjualnya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari pemasangan iklan (misalnya Google AdSense), afiliasi produk lain, atau misalnya menjual produk Anda sendiri. Anda dapat mempelajari mengenai cara menambah penghasilan website Anda disini. Tahukah Anda untuk setiap rupiah atau dolar tambahan yang dapat Anda hasilkan dari website Anda, potensi penjualannya adalah jauh diatas itu? Karena itu sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda sudah dimonetisasi secara optimal sebelum Anda mulai berpikir untuk menjualnya.

5. Juallah website Anda di tempat yang benar

Ada ratusan website dimana Anda dapat memasang iklan untuk menjual website Anda. Sebagian gratis dan sebagian lagi Anda perlu membayar. Sekali lagi tentu saja tempat terbaik untuk menjual website berkualitas adalah Flippa walaupun biayanya juga cukup besar (untuk saat ini $29 biaya untuk memasang iklan untuk menjual sebuah website). Tapi dari statistik yang ada, Flippa berpotensi untuk menghasilkan harga jual terbaik dari website Anda dibandingkan website-website sejenis lainnya.

Sebaliknya jika website Anda bukanlah website yang “top”, atau mungkin hanya menarik bagi sebagian kelompok orang tertentu, mungkin akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan jalur pemasaran yang lainnya. Misalnya, tempat penjualan website dengan biaya yang lebih murah ataupun grup-grup khusus yang akan tertarik dengan website Anda.

6. Fokus kepada “isi” website Anda dan bukan “kulit”

Anda harus bisa membedakan antara “kulit” dan “isi” dari statistik penting mengenai website Anda. Misalnya, “jumlah pengunjung” sebuah website adalah kulitnya dan “jumlah pengunjung unik” sebuah website adalah isinya. Bagi pemula, mungkin jumlah pengunjung website saja bisa menarik. Namun bagi Anda yang sudah berpengalaman akan tahu bahwa bukan jumlahnya saja yang penting melainkan jumlah pengunjung yang unik. Karena trafik dapat dihasilkan dalam jumlah besar dari lokasi yang sama dengan menggunakan software misalnya.

Selain itu informasi penting lainnya adalah berapa lama waktu yang dihabiskan oleh setiap pengunjung di website Anda. Jika itu dibawah 10 detik Anda dapat yakin bahwa trafiknya mungkin harus dipertanyakan. Sumber trafik juga penting, apakah dari iklan/email/search engine (organic). Tentu saja yang paling ideal adalah jumlah pengunjung yang berasal dari Google (biasanya dikenal dengan istilah organic traffic atau search engine traffic). Karena jika website Anda berada pada posisi nomor 1 Google, maka Anda akan memperoleh trafik yang besar dan berkualitas.

Jika saat ini website Anda belum berada bahkan pada halaman pertama Google, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengoptimasi isi dan halaman website Anda, dan juga link ke website Anda. Ini biasanya dikenal dengan istilah SEO (search engine optimisation). Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya melakukan hal ini, maka jangan khawatir karena kami dapat membantu Anda. Salah satu contohnya adalah website CariPacar.net karya kami yang kini berada pada posisi 1 Google jika Anda mencari kata kunci “cari pacar” di Google.

 

Kami harapkan keenam tips ini bermanfaat bagi Anda dalam usaha menjual website Anda. Sukses selalu!